September 05, 2010

Mengenal Penyakit Kencing Manis / Diabetes


Tak ada salahnya kita mengenal beberapa jenis penyakit yang sering kita temui di sekitar kita. Kali ini akan saya jelaskan sekedarnya tentang penyakit Gula /Kencing Manis/ Diabetes.

Diabetes Mellitus atau yang lebih dikenal dengan Penyakit Kencing Manis, timbul karena tubuh tidak bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup sehingga gula dalam darah tidak bisa diubah menjadi glikogen yang bisa disimpan dalam otot atau jaringan hati. Akibatnya, kadar gula dalam darah meningkat dan ginjal tidak mampu menyerap gula ini kembali, sehingga gula darah lolos melalui saringan dan keluar bersama air seni.

Gejala

Yang umum diderita oleh penderita kencing manis di antaranya cepat lelah, letih, selalu merasa haus dan lapar. Mudah masuk angin, kepala pusing, ujung jari-jari kesemutan, gampang kesemutan bagian kaki, penglihatan kabur, kembung dan mudah sakit maag, sakit persendian , beser kencing, air kencing dikerumuni semut, telapak tangan dan kaki dingin, tidak tahan udara panas atau dingin.

Kalau sudah mulai parah timbul gatal-gatal dan luka yang susah sekali sembuhnya. Gatal di daerah kelamin atau lipatan paha. Disfungsi ereksi pada pria, keputihan pada vulva vagina.

Alternatif Pengobatan Dengan Ramuan

Misalnya : Daun Salam. Daun salam sebanyak 75-100 gr direbus dalam tiga gelas air, hingga tinggal setengahnya. Air rebusannya kemudian didinginkan dan disaring lalu diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas. Hal itu dilakukan sampai kadar gula dalam darah kembali normal.

Kadar gula darah yang normal: 60 - 140 mg/dl

Beberapa herbal lain yang bisa digunakan : Sambiloto (daun), kumis kucing (daun), Mengkudu/pace (buah), tapak dara (daun/batang/akar), janblang/duwet (kulitbatang/daun/dagingbuah), jati (daun muda), duku (biji), Pare/paria (buah), Terong ngor (buah), lidah buaya (daging daun), lamtoro (biji buah tua), mahoni (biji), ciplukan (semua bagian), sambung nyawa (daun), krokot, minyak wijen.

Makanan yang dianjurkan :

Jagung kuning dan beras merah.

Makanan Pantang :

Kurangi yang manis-manis tapi jangan berhenti total agar tidak sakit lever. Daging kambing/sapi/kerbau, udang,kepiting, terasi, jeroan, lemak, pisang ambon, durian, air kelapa, syrup, lemon, buah manis seperti mangga, duku, rambutan, lengkeng dan anggur.

Jangan menggunakan obat-obat kimiawi (seperti : metformin, glibenclamide, glimepiride dll) tanpa pengawasan dokter karena pada dasarnya obat tersebut harus dibeli dengan resep dokter. Meski beberapa apotik akan melayaninya tanpa resep dokter. Jadi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anda jika ingin menggunakan obat non herbal.

Mudah-mudahan tulisan ini berguna............. :)

Tidak ada komentar: