September 07, 2010

Asam Urat, Gejala, Obat Serta Pantangannya


Kali ini saya tulis sedikit tentang asam urat.
Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup,dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, zat purin berpindah ke dalam tubuh kita.
Pada sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin pun dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Sebenarnya zat ini dikeluarkan oleh tubuh melalui buang air kecil (urine) dan BAB (feses/kotoran).

Bila kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, maka zat tersebut tidak dapat dikeluarkan semuanya oleh tubuh yang kemudian akan menumpuk pada persendian.

Makanya Asam Urat ini dapat menimbulkan berbagai keluhan seperti:
Rheumatik/encok, sakit sendi lutut, pinggang punggung, pinggul pundak, bahu.
mengganggu prostat dan kandung kemih, darah tinggi, batu ginjal, gagal ginjal.
Dapat pula memicu jantung koroner dan diabetes/kencing manis.

GEJALA :
Badan pegal-pegal, sakit otot, sakit persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak, bahu dan sering buang air kecil.

Jika kita memiliki gejala seperti itu sebaiknya periksakan ke dokter atau cek ke Laboratorium kesehatan untuk mengetahui berapa kadar asam urat kita.

Kadar asam urat normal untuk Laki-laki : 3,4 - 7,0 mg/dl dan untuk Perempuan 2,4-5,7 mg/dl.

RAMUAN PENGOBATAN
Dengan Kunir Putih
Cara membuat/mengolah Kunir Putih / Kunyit Putih (Curcuma Zedoaria) sebagai berikut :
  • Beberapa siung Kunir Putih(Curcuma Zedoaria) dicuci sampai bersih, adapun kulitnya jangan dikupas. Setelah bersih diiris tipis-tipis seperti mengiris bawang kemudian hasil irisan tersebut dijemur sampai kering. Setelah kerig ditumbuk atau digiling hingga menjadi bubuk halus.
Cara minum Kunir Putih (Curcuma Zedoaria) ada 2 cara :
  1. Dengan cara Seduh : Campurkan 1 sendok teh (diperes) bubuk Kunir Putih(Curcuma Zedoaria) dengan setengah gelas (200ml) air hangat, aduk sampai rata lalu diminum.

  2. Dengan cara Kapsul : Masukkan 1 sendok teh (diperes) bubuk Kunir Putih(Curcuma Zedoaria) kedalam kulit kapsul kosong(bisa dibeli di Apotik) kemudian minum dengan air hangat.
Aturan Minum Kunir Putih (Curcuma Zedoaria) :

Pengobatan : 3 kali sehari (1 kapsul/1 sendok teh) sesudah makan.

Pencegahan : 1 kali sehari (1 kapsul/1 sendok teh) sesudah makan.

Peringatan : Tidak untuk ibu hamil, ibu menyusui bayi yang berusia kurang dari 5 bulan. dan Anak dibawah usia 2 tahun.

Selain Kunyit Putih / Kunir Putih ada beberapa herbal lain, diantaranya :

Meniran (semua bagian), Kumis Kucing (daun), Lengkuas/Laos (umbi), Jahe (umbi), salam (daun), Alpukat (daun), Sambiloto(daun), Alang-alang (akar), Pegagan(daun), Buah Merah (sari buah), Seledri (daun dan batang), Tempuyung (daun), Pare (buah), daun sendok(biji).
Dan perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari.


MAKANAN PANTANGAN
Yang ini pun harus diperhatikan, menghindari makanan yang mengandung purin tinggi seperti : jeroan, otak, daging sapi/kerbau/kambing, lemak, gorengan, emping, melinjo, kangkung, bayam, es, alkohol, durian, udang, kepiting, cumi-cumi dan ikan teri.

Tidak ada komentar: